Cara Membuat Grup dan Channel Telegram

Salah satu fitur yang disediakan oleh Telegram yaitu Grup dan Channel. Seperti di kebanyakan aplikasi messaging atau aplikasi perpesanan lain, Grup merupakan wadah untuk berkomunikasi ke lebih dari 1 orang atau membagikan informasi ke banyak orang sekaligus. Anggota dari grup bisa merespon atau saling membalas pesan yang dikirimkan oleh anggota lain. Sedikit berbeda dengan Channel yang hanya berfungsi untuk membagikan pesan atau informasi saja namun tidak ada anggota lain yang bisa membalas pesan yang dibagikan tersebut. Lalu bagaimana cara membuat grup dan channel Telegram? Apakah caranya berbeda?

Grup Telegram mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh WhatsApp yaitu banyaknya anggota grup Telegram yang bisa mencapai 200.000 orang. Sehingga jika kalian ingin mmebuat grup yang berisikan banyak orang, telegram menjadi pilihan yang tepat. Untuk channel sendiri hampir mirip seperti grup, tapi hanya admin yang dapat mengirimkan pesan ke room chat. Untuk Cara membuat grup dan channel Telegram, kalian hanya perlu menyiapkan nama dan siapa saja anggota yang akan kalian ikut sertakan. Cara Membuat Grup dan Channel Telegram

A. Cara Membuat Grup Telegram Asyik

Membuat grup Telegram merupakan salah satu hal yang sangat mudah. Telegram sudah menyiapkan fitur ini untuk kita gunakan agar kita bisa berinteraksi dengan banyak orang sekaligus dalam satu ruangan saja.

1. Klik menu

Tap ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas

2. Pilih Grup Baru

Pilih menu Grup Baru untuk mulai membuat Grup

3. Pilih anggota

Klik siapa saja dari kontak kalian yang ingin kalian jadikan anggota grup dan klik ikon panah ke kanan yang berarti lanjutkan

4. Masukkan nama grup

Ketikkan nama grup yang kalian inginkan lalu tap ikon lanjutkan

5. Selesai

Grup sudah selesai dibuat

Setelah grup selesai dibuat, maka akan ada note bahwa grup bisa diisi sampai 200.000 anggota. Dengan limit anggota yang sudah mencapai 200.000, tentu kalian sudah tidak bertanya tanya lagi bagaimana cara membuat supergroup di Telegram bukan? Kalian sebagai admin yang telah membuat grup juga bisa melakukan pengaturan seperti mengubah foto profil grup dan nama grup. Admin grup juga bisa menambahkan kontak lain sebagai anggota grup dan bisa juga mengangkat anggota grup menjadi admin. Kalian juga bisa mengatur jenis grup apakah ingin grup privat atau publik. Ada perbedaan yang lumayan mencolok dari kedua tipe grup tersebut

B. Perbedaan Grup Telegram : Tipe Privat vs Tipe Publik

Telegram menyediakan 2 tipe grup yang bisa kalian pilih yaitu grup privat dan grup publik. Dua tipe grup tersebut memiliki beberapa perbedaan yang harus kalian tahu.

1. Keanggotaan grup

Perbedaan yang paling mencolok dari grup privat dan grup publik adalah anggota grupnya. Jika kalian mengatur grup sebagai grup privat, maka hanya orang orang yang kalian masukkan saja yang bisa menjadi anggota. Selain admin, anggota grup (bukan admin) juga bisa menambahkan orang yang mereka kenal dari smartphone mereka ke grup kita. Cara lain agar orang bisa masuk menjadi anggota adalah jika admin memberi link tautan grup kepada orang tersebut, karena hanya admin yang dapat melihat tautan grup.

Berbeda dengan grup publik yang bisa dimasuki siapa saja yang berminat menjadi anggota grup. Mereka bisa menemukan grup kita di kolom pencarian jika kita menyetelnya sebagai grup publik. Tidak seperti grup privat yang tidak bisa ditemukan di pencarian. Untuk fiturnya sendiri sama alias tidak ada yangberbeda dari dua tipe grup telegram ini. Kalian bisa membuatnya sesuai kebutuhan kalian.

2. Tautan untuk bergabung dengan grup

Perbedaan ke dua yaitu tautan atau link grup. Kalian bisa langsung membagikan link grup jika kalian mengaturnya sebagai grup privat. Telegram sudah menyediakan tautan yang bisa langsung kita bagikan ke orang lain. Berbeda dengan grup publik yang belum ada tautannya. Kita harus membuatan tautannya terlebih dahulu untuk mendapatkan link yang bisa kita bagikan ke orang lain.

Selain Grup, Telegram juga menyediakan Channel sebagai fitur lain yang dapat kalian nikmati juga. Channel sendiri berfungsi sebagai media untuk menyebar informasi satu arah yang artinya tidak bisa direspon atau dibalas oleh anggota channel. Jadi di Channel kita hanya bisa membaca informasi atau berita yang dibagikan saja tanpa bisa menanggapi berita tersebut. Channel akan cocok bagi kalian yang berjualan online misalnya. Kalian bisa upload produk disana, namun anggota lain hanya bisa melihat dan tidak bisa mengomentari produk kalian. Mereka bisa kalian arahkan ke chat pribadi atau ke nomor HP tertentu. Cara membuat Channel Telegram akan Ovirius kasih tahu di bawah ini.

C. Cara Membuat Channel Telegram, bisa untuk Media Jualan Loh!

Telegram menyediakan fitur Channel yang bisa kalian manfaatkan sebagai media berjualan atau menawarkan produk tertentu di Telegram. Kalian juga bisa membuat channel untuk menyampaikan informasi, contohnya menyampaikan undangan rapat. Dengan cara membuat yang sangat mudah, Channel bisa kalian manfaatkan untuk berbagai kepentingan.

1. Tap menu

2. Pilih Channel Baru

3. Masukkan nama Channel yang kalian mau

Klaian bisa membuat nama Channel seunik dan semenarik mungkin agar pelanggan kalian suka dan tidak bosan melihat Channel kalian.

4. Pilih tipe Channel dan lanjutkan

Seperti halnya Grup, kalian juga diberi 2 pilihan untuk mengatur tipe Channel yaitu Publik dan Privat. Perbedaannya juga sama seperti Grup, yaitu tentang anggota yang bisa bergabung dan link atau tautan yang bisa dibagikan. Jika kalian sudah menentukan ingin tipe yang mana, klik tanda centang yang ada di pojok kanan atas.

5. Tambahkan anggota yang ingin kalian masukkan ke Channel

Kalian bisa menambahkan anggota dari kontak yang ada di akun Telegram kalian. Jika sudah selesai menambahkan, klik tanda panah di pojok kanan bawah.

6. Selesai

Setelah selesai membuat Channel, kalian bisa menggunakannya sesuai dengan tujuan kalian membuat Channel. Kalian sebagai admin bisa menambahkan anggota baru atau di Channel ini disebut pelanggan. Kalian juga bisa menjadikan pelanggan sebagai admin agar mereka juga bisa memposting sesuatu di Channel. Namun nama mereka akan muncul seperti nama Channel yang kita buat. Jadi siapapun yang mengirim di Channel akan bernama sesuai nama Channel.

Itulah cara membuat Grup dan Channel Telegram. Kalaian bisa memilih satu dari dua fitur tersebut atau malah memilih untuk membuat kedauanya. Cara membuat Grup Telegram sendiri tidak jauh berbeda dengan cara membuat Channel Telegram dan keduanya bisa dilakukan dengan sangat mudah, jadi kalian juga sangat bisa membuat keduanya dengan cepat. Selamat mencoba, semoga sukses ya !

Tinggalkan komentar